Bukan Via Vallen & NDX AKA Familia, ini sosok pencipta lagu Sayang

Bukan Via Vallen & NDX AKA Familia, ini sosok pencipta lagu Sayang

Bukan Via Vallen & NDX AKA Familia, ini sosok pencipta lagu Sayang

midimusik.net - Mayoritas masyarakat Indonesia pasti sudah familiar dengan lagu berjudul Sayang. Ya, lagu bergenre dangdut tersebut memang populer beberapa tahun belakangan. Lagu ini pertama kali hits setelah Via Vallen yang membawakan. Lagu sayang versi Via Vallen pun menjadi lagu nomor dua paling populer di tahun 2017.

Namun jika ditelisik, lagu dangdut ini bukanlah milik penyanyi asal Sidoarjo tersebut atau OM Sera sebagai orkestra dangdut yang mendampingi Via selama ini. Bukan juga milik grup hip hop dangdut NDX AKA Familia yang sebelumnya sempat mempopulerkan lagu berbahasa Jawa tersebut.

Faktanya, lagu yang liriknya menceritakan tentang sakit hati seseorang ini adalah milik grup musik bernama Om Wawes. Belum lama ini, pihak Om Wawes mengunggah video klarifikasi dan sejarah terciptanya lagu Sayang di akun YouTube miliknya. Grup yang diwakili oleh Dhyen Ganjar pada vokal dan Toni Kurniawan sebagai musik produser ini menceritakan detail sejarah lagu tersebut.

foto: YouTube/OM WAWES OFFICIAL

Sebelum tenar bersama NDX AKA dan Via Vallen, lagu ini merupakan ciptaan dari seorang musisi lokal Yogyakarta bernama Antonius Obama. Lagu ini diciptakan dan dibawakan oleh bandnya yang bernama Obama sebelum kemudian berganti menjadi Yogyakarta Oriental Band Mandarin atau Yorin.

Awalnya judul lagunya pun bukan Sayang seperti yang populer sekarang ini. Namun lagu ini dulunya berjudul Cinta Abadi. Dalam video tersebut, Toni dan Lutfi yang dulunya tergabung di grup Yorin menjelaskan bahwa lagu itu mulai digarap antara tahun 2010 dan 2011. Namun meski begitu, lagu Cinta Abadi ini belum sempat direkam studio sebelum akhirnya Yorin bubar.

"Jadi dulu lagunya itu judulnya Cinta Abadi, Om Anton dulu memberi judul itu Cinta Abadi. Terus setelah kita denger-dengerin lagi sebelum kita share, Toni merubah judulnya menjadi Sayang. Sampe sekarang," ujar Dhyen Ganjar seperti brilio.net lansir dari video unggahan Om Wawes, Rabu (21/3).

Akhirnya Om Wawes mencoba meng-cover lagu tersebut dan mengganti judulnya menjadi Sayang dengan alasan lupa dengan judul lama. Namun tak disangka, lagu tersebut malah populer setelah mereka mengunggah di akun YouTube pada tahun 2013 lalu. Hingga akhirnya lagu dangdut bertema patah hati ini dibawakan oleh grup NDX AKA dan lebih terkenal lagi setelah Via Vallen yang ikut menyanyikan lagu Sayang.

foto: YouTube/OM WAWES OFFICIAL

Sempat menemui masalah oleh kedua penyanyi populer tersebut terkait hak dan izin cipta, namun dapat terselesaikan. Masalah tersebut selesai setelah pihak Antonius sebagai pemilik asli lagu beserta NDX AKA dan Via Vallen bertemu dan langsung mencapai kesepakatan.

Jika kamu penggemar dan pengikut lagu Jepang populer, kamu pasti sadar lagu Sayang ini sangat mirip dengan lagu berjudul Mirae. Menurut Om Wawes dalam video berdurasi 17 menit tersebut, memang lagu Sayang terinspirasi dari lagu Jepang yang dipopulerkan oleh penyanyi bernama Kiroro.

foto: YouTube/OM WAWES OFFICIAL

Namun, Antonius sebagai pencipta mengubah banyak makna lirik di dalamnya. Jika lagu Mirae menceritakan tentang seorang ibu, maka lagu Sayang lebih memiliki arti tentang cerita patah hati seseorang.

Nah, buat yang mau tahu lebih detail tentang sejarah terciptanya lagu Sayang, kamu bisa tonton video dari Om Wawes ini: